Analisis Program Muhadharah Usbuiyah terhadap Penanaman Karakter Percaya Diri Santriwati di PP. Riyadul Fattah Al-Barqi Lampung
DOI:
https://doi.org/10.25217/jcie.v3i2.3756Keywords:
Islamic Bording School; Entrepreneurship Spirit; Santri.Abstract
Pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus ditanamkan pada santri. Muhadharah merupakan salah satu kegiatan yang dapat menanamkan pendidikan karakter. Maka dari itu, Pondok Pesantren Riyadul Fattah AL-Barqi Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus mempunyai cara untuk menanamkan pendidikan karakter melalui kegiatan muhadharah. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui penanaman karakter santriwati dalam pembiasaan Muhadharah Usbuiyah di Pondok Pesantren Riyadul Fattah Al- Barqi Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data model Matthew B. Milles yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, serta verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data mengguanakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan penanaman nilai pendidikan karakter percaya diri dalam kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Riyadul Fattah Al-Barqi Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus yaitu para santriwati terlihat percaya diri dalam berpidato
References
Adela, L. (2019). Strategi Pelatihan Muhadharah Terhadap Kemampuan Berdakwah Santri Pondok Pesantren Darul Ulya Iringmulyo Kecamatan Metro Timur Kota Metro Lampung. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Metro. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/952/
Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Divapress. Google Scholar
Dliyauddin, A., Abidin, Z., & Wedi, A. (2019). Penerapan Prinsip Belajar Behavioristik Dalam Kegiatan Muhadharah Di Tarbiyatu Muallimien Al-Islamiyah Pondok Al-Amien Prenduan Sumenep Madura. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 166–173. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p166
Fikriansyah, Pradana, S., Hanifuddin, M. A., & Safitri, A. (2022). Transformasi Media Sosial: dari Media Ekspresi Diri hingga Media Dakwah dan Edukasi. JIT : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(1), 23–36. http://jurnal.stittanggamus.ac.id/index.php/JIT/article/view/3
Firmansyah, U. R. (2020). Nilai Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso. Institut Agama Islam Negeri Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/3744/
Fitriani, U., & Hasanah, D. (2022). Pembinaan Ekstrakurikuler Muhadharahuntuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritisbagi Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Islamic Education Studies:An Indonesian Journal, 5(1), 15–29. https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/ies/article/view/68
Kheryadi, K., Suseno, M., & Setiadi, S. (2022). Evaluasi Program Public Speaking “Muhadharah” Dengan Model (Cipp) Context, Input, Process and Product Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 14. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.14-23
Maksudin. (2012). Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Pustaka Pelajar. Google Scholar
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press. http://eprints.upnyk.ac.id/24095/1/Penelitian%20Kualitatif%20-Eko%20mUrdiyanto.pdf
Muslich, M. (2011). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. In Bumi Aksara. Bumi Aksara. Google Books
Nurmadiah, N., Sakinah, S., Helaluddin, H., & Wijaya, H. (2020). Enhancing Students’ Motivation to Learn Arabic Through Method of Muhadharah. https://doi.org/10.4108/eai.5-8-2019.2289818
Putri, A. (2019). Ekstrakurikuler Muhadharah Santri Dan Kemampuan Public Speaking Pondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien Cadas Kabupaten Tanggerang. Ilmu Al Qur’an Jakarta. http://repository.iiq.ac.id/handle/123456789/1131
Qoriah, S. N. (2020). Implementasi Program Muhadharah dalam menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di Mts An Najiyyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/12642/
Resta, C. A., Nur, T., & Herdiana, Y. (2022). Pembiasaan Kegiatan Muhadharah sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa di MAN 2 Karawang. Islamika, 4(4), 743–753. https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2118
Santoso, E. D., Sholihah, R. A., & Mu’ti, Y. A. (2021). Strategi Ekstrakurikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa Mi. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1029–1039. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1205
Siti Khadijah, & Nurmisda Ramayani. (2023). Implementasi Ekstrakurikuler Muhadharah Dalam Meningkatkan Public Speaking Siswa MTS Pondok Pesantren Modern Tajussalam Besilam. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(1), 107–115. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i1.673
Ulla, R. Al, Ghofur2, A., & Rohayah, A. A. (2023). Pelatihan Muhadharah Bagi Remaja Masjid dalam Meningkatkan Keterampilan Berdakwah. Jurnal of Community Development in Islamic Studies. https://doi.org/10.33558/alihsan.v2i1.7052
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun KarakterBangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar. Google Scholar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fikriansyah Effendi, Erika Kurnia Sari, Retno Wulang Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.