Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Sirah Khadijah Karangan Abdul Mun’im Muhammad

Authors

  • Kurnia Dwi Putri Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Kotabumi Lampung

Keywords:

Nilai, Pendidikan Akhlak, Sirah Khadijah

Abstract

Ada banyak cara dalam menyampaikan pendidikan akhlak, salah satunya adalah dengan mengkaji sejarah dan biografi orang-orang yang dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencari nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sirah khadijah karangan Abdul Mun’im Muhammad dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sirah khadijah terhadap pendidikan saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka. Jenis pendekatannya adalah deduktif dan metode analisisnya adalah analisis isi. Berdasarkan penelitian/telaah pustaka yang telah dilakukan, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Sirah Khadijah dapat disimpulkan terdiri dari akhlak terhadap Allah (meliputi: mentauhidkan Allah, takwa kepada Allah, dzikrullah, tawakal, dan syukur), akhlak terhadap diri sendiri (meliputi: sabar, amanah, memelihara kesucian diri, benar, menepati janji, dan teguh), akhlak terhadap sesama (meliputi: berbuat baik pada sesama dan suka menolong orang lain/dermawan). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Sirah Khadijah sangat relevan dengan pendidikan saat ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Allah serta berakhlak mulia sehingga nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Sirah Khadijah dapat menjadi acuan atau pedoman dalam dunia pendidikan saat ini.

References

Achmadi, A. (1992). Islam sebagai paradigma ilmu pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Arifin, A., & Kontemporer, D. (2011). Sebuah Studi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arifin, M. Z. (2022). The Traditionalism Of The Islamic Boarding School Education System In The Era Of Modernization. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 286–396.

Arifin, M. Z. (2023). Implementation of the Sorogan Method in Improving the Ability to Read the Yellow Book ‘Kitab Kuning’of Santri at the Sabilunnajah Islamic Boarding School. Journal of Contemporary Islamic Education, 3(1), 59–70.

Dalimunthe, S. S. (2016). Filsafat Pendidikan Akhlak. Deepublish.

Guntur, K. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Ibrah Kehidupan Karya Haedar Nashir Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8550

Kaelan, H. (2012). Metode penelitian kualitatif interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Khadijah: The true love story of Muhammad / penulis, Abdul Mun’im Muhammad | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved October 17, 2023, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1096838

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 81–102.

Kusaini, A. N. A. (2021). Materi Akhlak dalam keteladanan Khadijah Menurut Ibrahim Muhammad Hasan Al-Jamal.

Maharani, Y. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Pada Novel Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburahman Elshirazy.

Maulana, R. R. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab At-Tahliyyah Karangan Sayyid Muhammad.

Mohd. Athiyah Al-Abrasyi, Gani, H. B. A., & LIS, D. B. (1993). Dasar-dasar pokok pendidikan Islam. Penerbit Bulan Bintang.

Nata, A. (2017). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia Cet. Ke-15, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Respatiadi, H., & Tandra, S. (2018). Di Bawah Umur dan Ilegal (Konsumsi Alkohol dan Risiko Kesehatannya Bagi Anak-anak Muda).

Reza, H. (2014). Peran Komisi Perlindungan Anak Indonesia (Kpai) Dalam Mengatasi Kekerasan Seksual Terhadap Anak.

Ulil Amri, S. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Umar, A. M. M. I. S. G. M. (2016). Khadijah: The True Love Story of Muhammad Saw (Bandung). Cordoba. //bibliotecha.temanggungkab.go.id/index.php?p=show_detail&id=25847&keywords=

Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter: Strategi membangun karakter bangsa berperadaban. Pustaka Pelajar.

Yunus, M. (1978). Pokok-pokok pendidikan dan pengajaran. Hidakarya Agung.

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

Kurnia Dwi Putri. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Sirah Khadijah Karangan Abdul Mun’im Muhammad. Journal of Contemporary Islamic Education, 3(2), 165–182. Retrieved from https://www.journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/cie/article/view/3967