Implementasi Metode Tasmi’ dalam Memperkuat Hafalan Al-Qur’an Mahasantri Rumah Tahfidz Cahaya Al-Qur’an An-Nahl 4 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.25217/jcie.v4i1.4421Keywords:
Penerapan; Metode Tasmi’; Hafalan Al-Qur’anAbstract
Penelitian dilatar belakangi banyaknya mahasantri Rumah Tahfidz Cahaya Al-Qur'an An-Nahl 4 Mataram yang memiliki banyak hafalan namun sulit dalam mengingat dan mempertahankan hafalan yang dimiliki. Padahal memperkuat hafalan adalah kewajiban penghafal Al-Qur’an agar hafalan mereka tidak dilupakan. Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskrifsikan implementasi metode tasmi' dalam memperkuat hafalan Al-Qur'an mahasantri Rumah Tahfidz Cahaya Al-Qur'an An-Nahl 4 Mataram serta mengetahui factor-faktor yang mendukung dan menghambat. Penelitian ini memiliki jenis kualitatif deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan suatu masalah, kondisi atau peristiwa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara . Analisis data menggunakan teori Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode tasmi’ dalam memperkuat hafalan Al-Qur’an Mahasantri Rumah Tahfidz Cahaya Al-Qur’an An-Nahl 4 Mataram dilakukan melalui dua cara yaitu tasmi’ antar teman dan tasmi’ sesuai perolehan juz. Adapun faktor pendukung implementasi metode tasmi’dalam memperkuat hafalan Al-Qur’an Mahasantri Rumah Tahfidz Cahaya Al-Qur’an An-Nahl 4 Mataram yaitu motivasi diri dan orang terdekat, menggunakan satu mushaf dalam menghapal dan menciptakan lingkungan bernuansa islami. Adapun faktor penghambatnya yaitu adanya rasa malas, kurang percaya diri, dan Kurang disiplin.
References
Aini, Q. (2017). Penerapan Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Kemampuan Muroja’ah Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mtsn Ngantru Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/6274/
Agita, Nurul Ilmi. (2022). penerapan metode takrir dalam memperkuat hafalan Al-Qur'an juz 30 siswa di MA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Skripsi. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10226/
Al Hafidz, A. W., & Al Hafidz, K. M. (1994). Bimbingan praktis menghafal Al-Qur'an. Bumi Aksara. Google Scholar
Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261
Ali, Muhammad. (1993). Penelitian prosedur dan strategi, Bandung: Angkasa. Google Scholar
Al-Jurjani, Ali bin Muhammad. (2003). al-Ta’rifat, Bairut-Libanon: Dar al-Kutub al-Ilmiyah. Google Scholar
Al-Turmuzi, Abu Isa Muhammad bin Isa bin saurat. (1980). Sunan Al-Tarmuzi wa huwaal jami, al-sahahih, Beirut: Dar al-Fikri. Google Scholar
Anindya Diah Hartanti, Abdurrahmansyah, Muhammad Adil, (2021), Tahfiz Qur’an Dengan Metode Tasmi’ Dan Sambung Ayat, dalam Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, Vol. 15, No. 2, 98-112. https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i2.42
DePorter, B. (2009). Quantum writer. PT Mizan Publika. Google Scholar
Ependi, Z., Ilyas, A., Suharmon, S., & Asroa, I. (2023). Implementasi Metode Menghafal Al-Qur'an 3T+ 1M pada Rumah Tahfidz Se Kabupaten Tanah Datar. ISLAMIKA, 5(3), 1311-1326. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i3.3685
Marza, S. E. (2017). Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’Sumatera Selatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 6(1), 145-160. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1306
Gade, F. (2014). Implementasi Metode Takrar Dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’ an. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 14(2). http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i2.512
Hartanti, A. D. (2012). Tahfidz Qur'an Menggunakan Metode Tasmi'dan Sambung Ayat di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang. Jurnal Ilmiah, 15(2), 107. Google Scholar
Herman, S., Samsuni, S., & Fathurohman, F. (2019). Pengembangan Sistem Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 95-101. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i2.406.95-101
Ifadah, R., Rahmah, E. N., & Fatimah, F. S. N. (2021). Penerapan Metode Tasmi’dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa MI. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 101-120. https://doi.org/10.37542/iq.v4i01.194
Ilyas, M. (2020). Metode muraja’ah dalam menjaga hafalan al-qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1-24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140
Lubis, R. R., Hanafiah, M. A., Sartika, D., Hasibuan, A. A., & Nawawi, K. H. (2019). Taḥfīẓ Online:(Studi Menghafal Al-Quran Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIS Ubudiyah Medan). Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 60-75. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/253.
Miswardi, D. (2019). 18. 9 Kunci Hafal Al-Qur’an 30 Juz Seumur Hidup Insya Alloh. Semarang: Uwais Inspirasi Indonesia. Google Scholar
Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. Google Scholar
Nur Arifah, Fita. (2016), Menjadi Guru Teladan, Kreatif, Inspiratif, Motivative, Dan Profesional,Yogyakarta: Araska. Google Scholar
Nuryanti, N. (2021). Penerapan Metode Muroja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik SDIT Iqra’1 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/5972/
Partono, P., Hamengkubuwono, H., & Fransiska, J. (2020). Model Example Non Example Dalam Pembelajaran Tajwid. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 23-36. Google Scholar
Rauf, A. A. A., & Aziz, A. (2004). kiat sukses menjadi hafidz qur’an da’iyah. Bandung: PT Syaamil Cipta Media. http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1336
Romziana, L., Wilandari, W., Aisih, L. A., Nasihah, R. A., Sholeha, I., Haslinda, H., ... & Rahmah, K. (2021). Pelatihan Mudah Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi’Bagi Siswi Kelas XI IPA Tahfidz Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 161-167. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.14095
Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Quran Mahasantri Pondok Pesantren Nurul QuranTangerang Selatan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 268-282. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i2.2363
Saputra, D. (2021). Implementasi Metode Tasmi’Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 160-182. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/557
Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati. Google Scholar
Sudirman, A,M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajagrafindo: Jakarta. Google Scholar
Syam El-Hafidz, Herman. (2015). Siapa Bilang Menghafal Al-Qur‟an itu Sulit, Yogyakarta: Prou Media. Google Scholar
Syamsuddin, Abin. (2007). Pskiologi Kependidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Google Scholar
Wahid, Wiwi alawiyah, (2012). Cara cepat bisa menghafal Al-Qur’an, Jogjakarta: Diva Press. Google Scholar
Wahidi Ridhoul dan Rofiul Wahyudi, (2017), Sukses Menghafal Al-Qur’an Mesti Sibuk Kuliah, Yogyajarta: Semesta Hikmah. Google Scholar
Zaques. (2008). Malas dan cara mengatasinya, Bandung: Alfabeta. Google Scholar
Zulkarnain, K. D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Practice-Rehearsal Pairs Dengan Media Maket Pada Materi Pelajaran Konstruksi Bangunan Atap Dan Kuda-Kuda Kayu Siswa Kelas X TGB Di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Dalam Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/18), 238– 244. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/23447
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zahraini Zahraini, Ibnu Hizam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.