Ki Hajar Dewantara's Educational Philosophy as the Foundation of Education in the Digital Era

Authors

  • Bima Wisnu Gunawan Universitas Ma'arif Lampung (UMALA)
  • Wasilatur Rohmah Universitas Ma'arif Lampung (UMALA)

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v8i2.6033

Keywords:

Ki Hajar Dewantara, Educational Philosophy, Digital Era

Abstract

Considering the ever-evolving digital era, this study seeks to examine the application and relevance of Ki Hajar Dewantara’s educational philosophy. Ki Hajar Dewantara, a highly influential figure in Indonesian education, held a rich and comprehensive pedagogical vision. However, it is necessary to evaluate how these conventional methods can be applied amidst the substantial challenges and transformations brought about by digital technology in the field of education. This article explores the educational principles of Ki Hajar Dewantara, including "ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani," and their implementation in digital-era education. The findings provide valuable insight into how Ki Hajar Dewantara’s ideals and beliefs can be upheld in technology-based education.

References

A sajillil, M. (2022). Implementasi pembelajaran melalui smart school lampung berjaya dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di sma negeri 1 meraksa aji tulang bawang uin raden itan lampung.

Arif, H. M., Munirah, M. P., Putro, A. N. S., Kom, S., Rizki, M. T. M. Y., Kumanireng, L. B., Rian Novita, S. E., Kusuma, J. W., Janah, M., & PdI, M. (n.d.). konsep dasar teknologi pendidikan.

Budiwati, R., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Cholik, C. A. (2021). Perkembangan teknologi informasi komunikasi/ICT dalam berbagai bidang. Jurnal Fakultas Teknik UNISA Kuningan, 2(2), 39–46.

Fauzan, A., Maritasari, D. B., Puadi, L. N., Novianti, P., Nuraini, A., & Hanifah, N. (2024). Analisis penerapan gema haji pra belajar dalam dimensi profil pelajar pancasila abad 21 sdn 1 kembang sari. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 294–303.

Firmansyah, E., Nasucha, Z., & Muzfirah, S. (2021). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 144–161.

Hidayat, M. Y. (2022). Konsep Trilogi Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Era Teknologi Informasi. Universitas Islam Indonesia.

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300.

Irwanto, I. (2024). Kajian literatur filosofi pendidikan vokasional menurut teori prosser (1925) berbasis dunia kerja. Social Sciences Journal, 2(4), 10–23.

Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Linawati, I., Dewi, I. N. M. A. E., Wirastuti, S. T., Utama, I. I. M. S., Wihandani, D. M., Sastra, N. P., Wiharta, D. M., Nilakusmawati, D. P. E., Sukadarmika, I. G., & Ruma, I. M. W. (2024). Digital Society (Pemahaman dan Inspirasi dalam Beradaptasi Pada Era Digital Society). Deepublish.

Miftakhurrahmah, M. (2021). Nilai-nilai Karakter Pendidik dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran Karya Imam An-Nawawi dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepribadian. IAIN Ponorogo.

Ningsih, S. A. (2024). Pentingnya Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. jurnal pendidikan dan ilmu sosial (JUPENDIS), 2(3), 288–293.

Oktavia, N. I., & Purnomo, M. Z. A. A. (2024). Strategi Adaptasi dan Inovasi Musik Keroncong Modern di Era Digital pada Grup Keroncong Rumput” Menjangkau Generasi Milenial Untuk Menjaga Eksistensi Musik Keroncong Indonesia dan Mempublikasikan ke Dunia”. Jurnal Kultur, 3(2), 234–250.

Olifia, S., Ambulani, N., Andini, D. T., Nahdiana, N., Azis, F., Haqiqi, P., Laksono, R. D., Gusma, A. Y. T., Kontessa, T. K., & Fuadi, M. H. (2024). Seni Komunikasi: Membangun Keterampilan Komunikasi yang Kuat di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Pratama, A. S. (2023). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era 4.0. Pentingnya Ilmu Komunikasi Pada Era 4.0: Bunga Rampai, 70.

Puji, N. I. L. U. H. N. A. Y. U. (2024). Perlindungan hukum terhadap anak yang berhadapan dengan hukum dalam tindakan pidana penganiyayaan Bberbasis keadilan (Studi Kasus: Putusan Nomor: 1/Pid. Sus-Anak/2024/PN Pya). Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan bahasa Indonesia di era digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 3(3), 43–52.

Putri, N. (2024). implementasi pembelajran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pendidikan agama islam kelas x sman 1 janengan. IAIN Ponorogo.

Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., Violin, V., Awang, M. Y., Mahmud, S. F., & Wibowo, S. E. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Septiani, Y. (2024). konsep pendidikan anak menurut ki hajar dewantara dalam buku “bagian pertama:pendidikan.” IIQ AN NUR yogyakarta.

Siregar, M. N. (2021). Peran Majelis Taklim Syahamah Dalam Membina Religiusitas Mahasiswa Di Desa Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sulistyaningrum, F., Radiana, U., & Ratnawati, R. R. E. (2023). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidik di Era Digital. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2331–2336.

Suryadi, A. (2024). Filsafat Pendidikan Islam: Perspektif Tradisional dan Kontemporer. CV Jejak (Jejak Publisher).

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Bima Wisnu Gunawan, & Wasilatur Rohmah. (2025). Ki Hajar Dewantara’s Educational Philosophy as the Foundation of Education in the Digital Era. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 8(2). https://doi.org/10.25217/jf.v8i2.6033