Keefektifan Model Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Media Batik Rifa’iyah terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.5843Keywords:
Discovery Learning, Etnomatematika, Hasil belajar, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model Discovery Learning berbasis etnomatematika dengan media Batik Rifa’iyah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Yos Sudarso. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental berupa Nonequivalent Control Group Design. Objek penelitian adalah pembelajaran model Discovery Learning berbasis etnomatematika berbantuan media Batik Rifa’iyah (X) terhadap hasil belajar (Y). Subjek penelitian adalah 58 peserta didik kelas V di beberapa SD Gugus Yos Sudarso. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas VA SD Negeri Proyonanggan 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SD Negeri Proyonanggan 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes yaitu pretest dan posttest; teknik non tes yaitu dokumentasi. Teknik analisis data awal berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis berupa uji independent t-test, uji N-Gain, dan uji z. Penggunaan model Discovery Learning memungkinkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam membangun dan memahammi konsep melalui temuannya. Media Batik Rifa’iyah yang digunakan sebagai sarana belajar peserta didik sebagai salah satu cara pemanfaatan etnomatematika di lingkungan sekolah. Didapatkan nilai t hitung sebesar 2,999 > 2,003 sebagai t tabel, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,537 dan kelas kontrol sebesar 0,39 yang kedua termasuk dalam kategori sedang, nilai z hitung sebesar -1,05 < 1,64 sebagai z tabel. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, meskipun uji z mengindikasikan bahwa ketuntasan belum mencapai angka minimum 75%.
References
Achmad, Z. A., & Ida, R. (2018). Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian. The Journal of Society & Media, 2(2). https://doi.org/10.26740/jsm.v2n2.p130-145
Adelia Putri, L., Carlia Dermasari, S., Elvi, M., Luciana Chris May, P., Maya Alemina, K., & Sofia, M. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Penguatan Nilai Budaya. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 2(5), 228-235. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i5.242
Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659-654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377
Bianome, B. C. F., Nahak, K. E. N., Hendrik, G. N., Ndiy, I., Hana, V., & Hoar, M. D. (2024). Analisis Penerapan Media Prisma Berbasis Augmented Reality dengan Model Knisley pada Materi Prisma Kelas V SD Kuanino 3 Kota Kupang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 926-938. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4235
Budiarto, M. T., & Amirah, A. (2022). Etnomatematika : Konsep Matematika pada Budaya Sidoarjo. MATHEdunesa, 11(1), 311-319. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p311-319
Budiarto, M. T., & Cahyani, D. D. (2020). Etnomatematika : Eksplorasi Prasasti Peninggalan Kerajaan di Jawa Timur. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 673-689. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.289
Buulolo, D. (2024). Eksplorasi Gowe Nilare Terhadap Konsep Geometri. Sepren, 5(02), 73-85. https://doi.org/10.36655/sepren.v5i02.1423
Fahlevi, R., & Yuliani, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Cermat Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa Sma Pada Materi Barisan Dan Deret Geometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1191–1204. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1191-1204
Fauzi, L. M., Hanum, F., Jailani, J., & Jatmiko, J. (2022). Ethnomathematics: Mathematical ideas and educational values on the architecture of Sasak traditional residence. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(1). https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21775
Harun Onesimus, L. (2023). Geometry Transformation Module Development for Improve Solving Ability Mathematics Problems. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11-25. https://doi.org/10.57094/afore.v2i1.763
Hidayat Ismail, H., Muhammad Amin Fauzi, K., & Sitompul, P. (2023). Perkembangan Penelitian Etnomatematika Di Indonesia. Jurnal Pencerahan, 17(2), 1693–7775.
Masfufah, L., Tengah, J., & Tengah, J. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Luas Selimut Kerucut Terpancung Melalui Pendekatan Luas Trapesium Efforts to Improve the Learning Outcome of a Truncated Cone ' s Blanket Area with The Trapezoidal Area Approach. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 85–89.
Putra, R. Y., Alviyan, D. N., Arigiyati, T. A., & Kuncoro, K. S. (2021). Etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun Taman Sari dalam aktivitas pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 21-30. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36081
Putri, L. I. (2017). Etnomatematika, Kesenian Tradisional Rebana, Pembelajaran Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 21–31.
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
Sagita, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vi Sd Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Alat Peraga Vokuba. Jurnal Pelangi, 8(1). https://doi.org/10.22202/jp.2015.v8i1.337
Setiani, D., Rahmawati, E., & Pramesti, S. L. D. (2023). Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Era Society 5.0. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 451–461.
Sipahutar, W., & Reflina, R. (2023). Etnomatematika : Pengenalan Bangun Ruang Melalui Konteks Museum Negeri Sumatra Utara. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7054
Wahidin, W., & Gazanofa, F. S. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Gerak Tari Piring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3162-3173. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2679
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maulida Khomsah, Trimurtini Trimurtini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.