Implementasi Teori Vygotsky Melalui Teka-Teki Silang pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Jati Widi Tinawa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bambang Agus Sulistyono Universitas Nusantara PGRI Kediri https://orcid.org/0000-0001-6285-8051
  • Samijo Samijo Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.6157

Keywords:

Berpikir kritis, scaffolding, teka-teki silang, teori vygotsky, zone of proximal development

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan teori Vygotsky melalui media teka-teki silang pada materi perpangkatan dan akar guna meningkatkan berpikir kritis siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kepung yang terletak di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Sampel yang digunakan adalah 34 siswa dari kelas VIII-A pada tahun ajaran 2024/2025. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Version 26 menggunakan uji statistik Paired Sample T-Test. Teori Vygotsky menekankan adanya interaksi sosial dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan konsep Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding. Dalam hal tersebut, siswa dibantu untuk mencapai pemahaman materi melalui bimbingan atau arahan dari guru dan teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berbasis teori Vygotsky melalui penggunaan media teka-teki silang terbukti efektif mampu meningkatkan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika, khususnya materi perpangkatan dan akar. Dalam hal tersebut, siswa terlibat aktif saat berdiskusi dengan teman sebaya dalam menyelesaikan permasalahan secara bertahap dengan baik. Selain itu, penggunaan media belajar teka-teki silang memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif dan kreatif.

References

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189-197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Agustin, M. K. D., & Anwar, W. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewarganegaraan. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 461-468. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v9i1.6669

Amalia, Y., & Dazrullisa. (2019). Keefektifan Pengunaan Modul Teka-Teki Silang Matematika Pada Materi Statistika Untuk SMA Kelas XI. Sustainability (Switzerland, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005

Ardiansyah, R., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Bektaş‐Çetinkaya, Y. (2024). Turkish students' language‐learning perezhivanie, learner identities, and transformation of self. International Journal of Applied Linguistics, 34(3), 1032-1045. https://doi.org/10.1111/ijal.12552

Cholily, Y. M., Darmayanti, R., Lovat, T., Choirudin, C., Usmiyatun, U., & Muhammad, I. (2023). Si-GEMAS: Serious game mathematical crossword puzzle learning media for students critical thinking ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 165-179. https://doi.org/10.24042/ajpm.v14i1.16113

Darmawan, D., Ramadhani, Y. R., Harto, P., Gumilar, E. B., Lusiani, P., I, D., Arsawan, I. W. E., Wicaksono, G., Nisa, T. F., & Tanwir. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Google Scholar

Des, C., Gulo, M., & Muhid, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis ( Critical Thinking. Pada Siswa : Literatur Review, 10(1). Google Scholar

Fatmiyati, N., Lutfi, J. S., Susilawati, I., Priatna, N., & Gozali, S. M. (2023). Pemanfaatan Video dan Kuis Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Matematika. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 65–73. https://doi.org/10.24235/dimasejati.202353.13759

Hasanah, U., Arifin, Z., & Asmana, A. T. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Arifin Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Menggunakan Permainan Teka-Teki (Vol. 1, pp. 1–10). Google Scholar

Herwandi, & Ulfahyana, H. (2023). Analisis Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Soal Geometri Dimensi Tiga Pada Peserta Didik SMK di Kota Makassar. Jurnal Penalaran dan Riset Matematika, 2(1), 81–89. https://doi.org/10.62388/prisma.v2i1.313

Hidayat, A., Kulsum, U., Adibah, H., I, Damayanti, D., & D. (2024). Teori Vygotsky Dan Transformasi Pembelajaran Matematika : Sosiokultural , Scaffolding. Zona Perkembangan Proksimal , Bahasa Dan Pikiran. Google Scholar

Jatmiko, J., & Primasatya, N. (2022). The use of Multimedia of geometry Based on Van Hiele Thinking Theory: An Alternative to Improve Critical Thinking Skill of Elementary School Students. Proceedings of the International Seminar on Business, Education and Science, 1, 291-300. https://doi.org/10.29407/int.v1i1.2684

Muhammad, I., Darmayanti, R., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Teori Vygotsky: Kajian bibliometrik penelitian cooperative learning di sekolah dasar (1987-2023). Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 81-98. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.78

Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif.

Putri, F. L., Yohanes, S., & Hamdani, M. (2022). Idenfikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Jurnal Pendidikan, 23(1), 1-10. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i1.4214

Rahmawati, A., & Susanto, R. M. (2016). Pengembangan Media Teka Teki Angka Matematika (TEKAT) Berbudaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Operasi Perkalian. 09, 1–23. Google Scholar

Sari, R. K., Maryana, M., Qausar, H., Fajriana, F., & Listiana, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Matematikapada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(2). https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i2.13259

Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik, 1, 11–16. Google Scholar

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdepedensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 231-239. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.269

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2). https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260

Syafriani, D., Darmana, A., Syuhada, F. A., & Sari, D. P. (2023). Buku Ajar Statistik Uji Beda Untuk Penelitian Pendidikan. Cara Dan Pengolahannya Dengan SPSS). Cv.Eureka Media Aksara.

Syahda, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Polya. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6610

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Syarif, M. (2020). Penggunaan Teori Vygotsky Dalam Pembelajaran Materi Anggota Tubuh Pada Siswa RA Dayah Ilmi Lampoih Saka Kec. Peukan Baro Kabupaten Pidie. Tarbiyatul - Aulad Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 6, 27–42. Google Scholar

Untari, E., & Susanto, L. (2022). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping , Snowball Throwing , dan Teams Games Tournaments ( TGT ) Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri. 10, 130–139. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12171

Wardana, M. A. (2024). Pemahaman Materi dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X SMAN 6 Malang, 4(7). https://doi.org/10.17977/um063.v4.i7.2024.1

Yakin, A., & Harianto, H. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Sma Dalam Menjawab Soal Matematika Peminatan. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.59098/mega.v3i1.528

Yusril, F. (2024). Penerapan Scaffolding Pada Zone of Proximal Development (Zpd) Kelas Xi 7 Sman 1 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i3.2024.14

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Tinawa, J. W., Sulistyono, B. A., & Samijo, S. (2025). Implementasi Teori Vygotsky Melalui Teka-Teki Silang pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 109–121. https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.6157

Issue

Section

Artikel Pendidikan Matematika