Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Pendekatan ESD Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.6228Keywords:
education for sustainable development, pemahaman konsep matematis, pembelajaran matematika realistik, statistikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan pendekatan Education for Sustainable Development (ESD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan posttest only with non-equivalent group design, melibatkan dua kelas X dari salah satu SMA Negeri di Jakarta. Kedua kelompok sama-sama memperoleh pembelajaran melalui model Problem-Based Learning (PBL), namun pada kelas eksperimen diberikan perlakuan tambahan berupa PMR berbasis ESD. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep yang telah melalui proses validasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,03 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata 74,24. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan menerapkan uji-t independen guna mengidentifikasi perbedaan rata-rata nilai posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sebelum pelaksanaan uji-t, dilakukan terlebih dahulu pengujian asumsi melalui uji normalitas dan uji homogenitas untuk memastikan bahwa data telah memenuhi syarat penggunaan analisis statistik parametrik. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pendekatan ESD dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep siswa. Selain meningkatkan kemampuan kognitif, pembelajaran berbasis ESD juga mendukung pembentukan kesadaran siswa terhadap persoalan sosial dan lingkungan. Oleh karena itu, PMR dengan pendekatan ESD dapat dipertimbangkan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif, kontekstual dan relevan untuk diterapkan dalam pengajaran matematika di jenjang sekolah.
References
Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(1), 44. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827
Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993
Aprilia, E., Triyanto, T., & Indriati, D. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Logaritma Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 401. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3464
Azizah, N. R., & Imamuddin, M. (2022). Level Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. KARIWARI SMART : Journal of Education Based on Local Wisdom, 2(2), 76–87. https://doi.org/10.53491/kariwarismart.v2i2.298
Fakhrany, I., Wulan, D., Lumbatobing, J., Zahratunisa, I., & Syahara, N. (2024). Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar, 1(2), 770–777.
Fleisch, A. F., Mukherjee, S. K., Biswas, S. K., Obrycki, J. F., Ekramullah, S. M., Arman, D. M., Islam, J., Christiani, D. C., Mazumdar, M. M., Chen, W. J., Davis, E. M., Stoner, J. A., Robledo, C., Goodman, J. R., Garwe, T., Janitz, A. E., Xu, C., Hwang, J., Peck, J. D., & Liu, Z. Z. (2021). 乳鼠心肌提取 HHS Public Access. Environmental Health Perspectives, 8(1), 1–20. https://doi.org/10.1146/annurev-publhealth-040617-014128.Selecting
Gede Sumaka, I. (2022). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Semester I Sd Negeri 3 Suwug Berbantuan Platform Zoom Cloud Meeting. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 142–151. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575094
Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515
Handayani, Y., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 3(1), 575–581.
Koskinen, R., & Pitkäniemi, H. (2022). Meaningful Learning in Mathematics: A Research Synthesis of Teaching Approaches. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(2), 0679. https://doi.org/10.29333/iejme/11715
Kristanti, F., Isnarto, & Mulyono. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Android. In Prosiding Seminar Nasional Pacasarjana UNNES (pp. 618–625).
Latumapina, M., Laamena, C. M., & Ayal, C. S. (2024). Siswa Smp Kelas Vii Pada Materi Himpunan. 5, 57–68.
Li, H. C., & Tsai, T. L. (2022). Education for sustainable development (ESD) in mathematics education. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(9), 1–13.
Lika, Y., Making, S. R. M., & Lede, Y. K. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Berbasis TIMSS di SMP Kristen Karuni. Leibniz: Jurnal Matematika, 3(1), 36–48. https://doi.org/10.59632/leibniz.v3i1.197
Mahsum, M. A., & Fitri, R. F. (2024). Implementasi Matematika Model Rme Dengan Media Roda Putar Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa. 03, 68–76. https://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/Abnauna/article/view/2608
Novidsa, I., Purwianingsih, W., & Riandi, R. (2020). Exploring knowledge of prospective biology teacher about Education for Sustainable Development. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(2), 317–326. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.12212
Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594–2603. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.797
Oecd, P. (2022). Pengaruh problem-based learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi matematis siswa. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung , Indonesia. 11, 667–682.
Panjaitan, D. J. (2024). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia ( PMRI ) dalam Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar : Pemodelan Matematika dan Faktor Kontekstual. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 14798–14805.
Partini, A. W. (2023). Anita Widiasari Partini. In Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Membaca pada Materi Kesetimbangan Kimia (pp. 1–7).
Prabawani, B. (2021). Education for Sustainable Development : Pembentukan Karakter dan Perilaku Berkelanjutan.
Purnamasari, S., & Hanifah, A. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1, 69. https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i2.1281
Ruslianti, T., & Firmansyah, D. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Pada Materi SPLTV. In Sesiomadika: Prosiding Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika (pp. 120–126).
Sarfo, J. O., Debrah, T. P., Gbordzoe, N. I., & Obeng, P. (2022). Types of Sampling Methods in Human Research: Why. When and How? European Researcher, 13(2). https://doi.org/10.13187/er.2022.2.55
Setyorini, I. A., Pramudya, I., & Setiawan, R. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Materi Pokok Statistika Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Matematika. JPMM (Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(4), 1–14. http://knowledge.sagepub.com/view/socialscience/SAGE.xml
Silva, A. M., Almeida, M. I., Teixeira, J. H., Ivan, C., Oliveira, J., Vasconcelos, D., Neves, N., Ribeiro-Machado, C., Cunha, C., Barbosa, M. A., Calin, G. A., & Santos, S. G. (2018). Profiling the circulating miRnome reveals a temporal regulation of the bone injury response. Theranostics, 8(14), 3902–3917. https://doi.org/10.7150/thno.24444
Su, C. S., Díaz-Levicoy, D., Vásquez, C., & Hsu, C. C. (2023). Sustainable Development Education for Training and Service Teachers Teaching Mathematics. A Systematic Review. Sustainability (Switzerland, 15(10). https://doi.org/10.3390/su15108435
Sukri, M., Syofni, & Siregar, S. N. (2017). Pengembangan Perangkan Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP/MTS. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–9.
Vásquez, C., Alsina, Á., Seckel, M. J., & García-Alonso, I. (2023). Integrating sustainability in mathematics education and statistics education: A systematic review. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 19(11). https://doi.org/10.29333/EJMSTE/13809
Vintere, A. (2018). A Constructivist Approach to the Teaching of Mathematics to Boost Competences Needed for Sustainable Development. Rural Sustainability Research, 39(334), 1–7. https://doi.org/10.2478/plua-2018-0001
Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi Dan Peluang Penerapannya Pada Kurikulum Merdeka? EUREKA: Journal of Educational Research and Practice, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.56773/eureka.v1i1.
Wahdini, W., & Ilyas, M. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 45–51. https://doi.org/10.53696/2964-867x.143
Wasitoh, I., Karlimah, K., & Saputra, E. R. (2023). Hambatan Berpikir Aljabar Siswa pada Konsep Perkalian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.82097
Whitby, A. (2019). Advancing Education for Sustainable Development. Key Success Factors for Policy and Practice. 1–78. https://www.worldfuturecouncil.org/wp-content/uploads/2019/01/Handbook-ADVANCING-EDUCATION-FOR-SUSTAINABLE-DEVOLOPMENT-by-Alistair-Whitby-WFC_2019.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Regita Cahyani, Hikmatul Khusna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.