Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Materi Pecahan di SDIT Al Qonita

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.6300

Keywords:

hasil belajar, media konkret, pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan melalui penggunaan media konkret pada siswa kelas II SDIT Al Qonita Palangka Raya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas II. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mengkaji proses pembelajaran melalui observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk menghitung ketuntasan hasil belajar dan peningkatan skor menggunakan N-Gain. Pada tahap pra tindakan, hanya 40% siswa yang mencapai ketuntasan. Setelah tindakan pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 64%, dan pada siklus II mencapai 84%. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa menyelesaikan soal pilihan ganda melalui pendekatan pembelajaran yang menggunakan media konkret seperti replika kue dan bola. Penggunaan media konkret terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep pecahan secara kontekstual dan menyenangkan. Selain itu, aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran juga mengalami peningkatan dan berada dalam kategori sangat baik. Peningkatan secara kuantitatif didukung oleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,48 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media konkret memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar, khususnya pada materi pecahan. Oleh karena itu, media konkret dapat dijadikan strategi pembelajaran alternatif yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas rendah untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan.

References

Abrar, M., Sulistyowati, S., & Mahmudah, I. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Kelas IV SDIT Al Qonita. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(1). Google Scholar

Ainularifin, N., Sulistyowati, S., & Mahmudah, I. (2025). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDIT Al Furqan Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Google Scholar

Anggraini, M., & Mahmudah, I. (2023). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada Mata Pelajaran Matematika. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(2), 125-131. https://doi.org/10.55868/jeid.v3i2.301

Apriani, F., & Sudiansyah, S. (2024). Dampak Kurangnya Praktik Dalam Pelajaran Matematika: Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep Matematika. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-49. https://doi.org/10.46368/kjpm.v4i1.1856

Arsyad, M. (2024). The Efficiency Of Using Visual Learning Media in Improving the Understanding of Science Concepts in Elementary School Students. Indonesian Journal of Education (INJOE, 4(3). Google Scholar

Asadulloh, B., S, R., & Santoso, E. (2024). Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Journal of Science and Education Research, 3(2), 43–49. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.129

Cahyaningrum, K., Aji, S. D., & Yasin, M. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Tema 7 Menggunakan Model Pbl Dengan Bantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 2 Sdn Tanjungrejo 1 Kota Malang. Seminar Nasional PPG UNIKAMA, 1(11). Google Scholar

Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). Pengembangan Media Konkret Pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754

Diki Wahyudi, & Dina Syaflita. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Benda Konkret pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SDN 2 Kersaratu. Indonesian Journal of Integrated Science and Learning, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.60041/ijisl.v1i1.30

Hoviana, B., & Hosanah, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Media Konkrit Pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 1 Bangkalan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2). Google Scholar

Kurniawan, W., Aji, P., & Mahmudah, I. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Question Card. Google Scholar

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Munir, M. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Secara Online Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Metro. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Google Scholar

Novpridey, B. J., & Zen, D. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 11 Palembang. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 1(2). Google Scholar

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Claudia Maharani, S. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Purnamasari, N. I., San'ah, P., I, A., & Nurhikmah. (2024). Analisis Kemampuan Siswa MIN 2 Bima Dalam Menyelesaikan Soal Host Pada Materi Pecahan. Abdurrauf Journal of Education and Islamic Studies, 1(1). Google Scholar

Rahmawati, S., A, & Rosmah. (2020). Teori Belajar Penemuan Bruner dalam Pembelajaran Matematika.

Sadono, I., Riyadi, R., & Kurniawan, S. B. (2025). Analysis of the Impact of PBL Implementation Assisted by Pouch of Unit on the Ability to Count Units of Weight in Elementary School Learners. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 8(1). https://doi.org/10.20961/shes.v8i1.98955

Salamah, U., Patonah, S., & Mas'udah. (2024). Penggunaan Media Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Fase C. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).

Saputri, S., Ruqoyyah, S., & Rohaeti, E. E. (2024). Analysis of Student Difficulties in Learning Mathematics in Elementary School Lower Grades. JEE: Journal of Educational Experts, 7(2). https://doi.org/10.30740/jee.v7i2.229

Sari, I. P., Suryadi, D., Herman, T., Dahlan, J. A., & Supriyadi, E. (2024). Learning obstacles on fractions: A scoping review. Infinity Journal, 13(2), 377-392. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p377-392

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155-163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473

Sulaiman, A. H. (2024). Linguistic Opinions According to Al-Rawasi in The Interpretations of Ibn Atiyya Al-Andalusi, Al-Qurtubi, And Abu Hayyan Al-Andalusi. Zanco Journal of Humanity Sciences, 28(2). https://doi.org/10.21271/zjhs.28.2.11

Supriatin, A., Wijaya, N., & Sarinah. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Media TTS Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Mts Darul Ulum Palangka Raya Effects. Journal of Business Research, 11(1), 1–15. Google Scholar

Wahid, A., & Mahmudah, I. (2025). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model LAPS Heuristik pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD IT AL Qonita Palangka Raya. 4. Google Scholar

Wulandari, P., & Madiun, U. P. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas II SDN 05 Madiun Lor. 5. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar. Google Scholar

Zulfirman, R. (2022). Implemetasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2). https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Downloads

Published

2025-07-06

How to Cite

Islamiah, U., Supriatin, A., & Mahmudah, I. (2025). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Materi Pecahan di SDIT Al Qonita. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 146–160. https://doi.org/10.25217/numerical.v9i1.6300

Issue

Section

Artikel Pendidikan Matematika